23 Okt 2014

Transfer File dari Android ke PC dan sebaliknya via Wifi

Saat ini transfer data dan file antara Android dan PC/Laptop atau sebaliknya sudah sering kita temui. Baik untuk keperluan memindahkan data / backup bahkan sampai memasukkan data game (yang kapasitasnya tentu besar bila download via android). Biasanya kita selalu menggunakan kabel data dan bluetooth, tapi hal itu sudah biasa. Pada pembahasan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mentransfer data via Wifi dengan perangkat android dan PC/Laptop.

Bahan yang dibutuhkan :
  • Software Data Cable (Apk File untuk Android)
Link Download (Google Play)

  • FileZilla (Untuk PC/Laptop)



Link Download (Official & Installer)
Link Download (Portable) 


Setelah kita sudah menginstall bahan-bahan diatas, pertama kita jalankan aplikasi Software Data Cable pada andoid kita kemudian aktifkan dengan cara klik tombol start sekali maka akan muncul pilihan. Join Network adalah untuk mencari/menghubungkan dengan jaringan wifi yang telah tersedia. Create network adalah untuk membuat sebuah hotspot portable via android.



Yang kita pilih adalah Create network maka akan muncul Network SSID (Nama hotspot, biasanya otomatis), Password (kata sandi hotspot yang kita miliki), Security (merupakan jenis keamanan hotsot yang kita buat). Untuk ketiga pengaturan tersebut bisa kita edit sesuai keinginan dengan klik setup SSID. Namun kali ini kita cukup ikutin yang sudah ada saja. Lalu klik dismiss maka akan tampil informasi IP dari Andoid kita.


Sekarang kita beralih ke PC/Laptop. Kita pilih wifi yang tersedia (sesuai dengan Nama hotspot dari andoid kita), setelah terhubung kita buka aplikasi Fillezilla.


Kemudian masukkan IP andoid kita seperti gambar berikut :


Klik Quickconnect maka akan android dan PC/Laptop akan tersambung.

Setelah itu kita cari file yang akan kita salin (baik dari Android / Laptop), saya contohkan untuk menyalin Film dengan ukuran + 600 Mb.Lalu kita Drag file tersebut ke side Android (Sebelumnya pilih direktori android untuk penyimpanan file. SdCard/exSdCard tergantung kapasitan memory kita). Kecepatan rata-rata adalah 5Mb/s hanya membutuhkan waktu kurang lebih 4 menit untuk memindahkan/menyalin file menggunakan wifi, bayangkan bila menggunakan kabel data (terkadang beberapa Android tidak support menyalin data dengan ukuran yang besar) atau bluetooth (bisa menunggu seharian. Heheheee).

File telah berhasil disalin, Stop Service android untuk memutuskan hubungan perangkat. Close Filezilla.

Note : Software data cable juga bisa digunakan ke berbagai perangkat lainnya, contoh sesama android dengan kelebihan bisa menyalin aplikasi ke perangkat android lain.


Demikian postingan saya hari ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar