4 Feb 2014

Tips menjaga performa Android tetap stabil

Hallo sobat Androiders, Alhamdulillah kita masih bisa bertemu diawal tahun ini. Pada postingan kali ini kami akan memberikan sedikit tips unik yang semoga saja sangat bermanfaat khususnya untuk sobat - sobat Androiders.
Kelambatan performa atau yang biasa kita sebut dengan lemot memang sangat menjengkelkan alagi ketika kita sedang mempunyai sebuah kepentingan tersendiri lalu kelemotan yang sangat luar biasa itu rasanya pengen ngebanting aja tuh hp sambil komat kamit gak jelas, hehehe, tapi tenang sob, saya mau share - share bagaimana cara mengatasi itu semua, berdasarkan pengalaman yang telah saya dapatkan selama 3 tahun ini saya akan berbagi, tentunya ini sangat ampuh, saya jamin, tapi jika sobat Androiders mengikutinya.
Sebelum kita masuk kepermasalahan utama mengapa performa Android yang kita rasakan tidak stabil, ada beberapa hal yang harus sobat pahami, ketika kita mempunyai sebuah perangkat entah itu komputer, ponsel atau apapun itu, kita selain merawat berupa fisik, kita juga diharuskan mengontrol penggunaan karena banyak sekali dari sobat - sobat Androiders yang hanya merawat fisiknya saja tapi tidak dirawat dalamnya, ibarat hati kalau gak dijaga gimana jadinya hayo?, hehehe...

Lalu, apa maksud dari menjaga dalamnya?, saya berikan gambaran dulu, misalnya kita mempunyai banyak berkas berkas penting yang tertumpuk menjadi satu bahkan dalam tumpukan tersebut tercampur dengan kertas atau dokumen yang penting, mudahkan kita mencarinya? tentu tidakkan? nah sama halnya dengan Android yang kita miliki, sebagus apapun spesifikasinya pasti memiliki batas maksimalnya. Kalau begitu nah disinilah saya akan memberikannya tipsnya bagaimana aga menjaganya gar tetap stabil, seperti gambar diatas.
Hapus Cache
Bukan hanya pada komputer, kita juga perlu dan sering menghapus cache yang sebenarnya tidak penting walaupun disisi lain data cache itu ada kelebihannya, tapi kita harus rajin menghapus ini supaya gak lola, cara menghapusnya, masuk ke recovery mode pilih "wipe cache partition".
cara laiinya, masuk semua pengaturan aplikasi, contohnya pada aplikasi maps dibawah ini...
Lalu pilih hapus memori, karena itu adalah cache dari aplikasi Maps, pastikan semua aplikasi dihapus cachenya
Hapus Folder yang tidak berguna
Mungkin beberapa sobat Androiders ada yang mengalami ini, yaitu memiliki folder yang tidak jelas isinya, nah kalau memang sobat tidak tau dan tidak berhubungan dengan aplikasi hapus saja, tapi ingat jangan hapus data " .android_secure dan Android " karena itu data aplikasi sobat, beberapa file/ folder yang harus rutin sobat hapus adalah "DiskCacheIndex, LOST.DIR" dan folder - folder yang tidak jelas dari mana asalnya. Oh iya jangan lupa untuk masuk kepengaturan untuk menampilkan file/ folder yang hiden, karena folder yang memiliki awalan dot itu adalah folder hiden.
Hapus ".thumbnails"
Coba masuk ke folder DCIM, lalu disitu ada folder .thumbnails lalu hapus, karena isi dari folder tersebut adalah copy -an dari data - data gambar sobat yang memiliki ukuran resolusi yang kecil, jadi gak penting kan?, hapus saja, dan bukan hanya disitu saja, periksa seluruh folder dalam SD Card sobat karena banyak folder seperti ini tersembnyi. Jangan lupa untuk menceklis pengaturan Hiden.
Hapus aplikasi, file yang sudah tidak diperlukan lagi
Nah ini juga yang harus sobat perhatikan, minimalnya memory jangan sampai penuh, karena itu akan memperlambat performa, gak percaya?, coba saja bandingkan antara HH yang memorynya penuh dengan yang isinya lumayan kosong, sangat berbeda jauh kan?
Buat tampilan home sesederhana mungkin

Live Walpaper memang cukup menarik tapi itu adalah salah satu penyebab android super lemot bahkan boros baterai, ada baiknya sobat membuat tampilan tampilan home sesederhana mungkin tapi elegan artinya tidak rame - rame amat tapi nyaman untuk dilihat, dan diusahakan juga untuk menggunakan widget - widget yang tidak penting. Dan kalaupun ingin menggunakan Launcher, gunakan yang ringan - ringan saja.
Nah mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, saran saya, Sobat Androiders harus rajin - rajinnya memantau memory entah itu internal ataupun external minimal seminggu sekali, karena banyak sekali folder - folder sampah yang tanpa kita sadari muncul begitu saja.Sekian dari postingan kami, semoga senantiasa bermanfaat. sampai jumpa dipostingan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar