8 Mei 2013

Ducati Coba Motor Baru GP13


Sumber : - | Author : motogp.com
Pembalap Italia, Andrea Dovizioso mencoba motor versi baru Ducati pada sesi ujicoba di Jerez, Senin (6/5/2013).
SPANYOL, KOMPAS.com - Ducati tak akan pernah berhenti berusaha. Sadar akan kerasnya persaingan dengan Honda dan Yamaha, mereka terus mencoba meningkatkan performa GP13. Pada sesi ujicoba di sirkuit Jerez, Senin (6/5/2013) Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso turun dengan motor versi terbaru yang selama ini terus disempurnakan dalam laboratorium mereka.

Test rider Michele Pirro yang selama ini ikut mengembangkan dan menguji versi terbaru GP13, memakai motor ini saat turun pada GP Spanyol, akhir pekan kemarin. Pirro membalap untuk Pramac racing, mengisi posisi Ben Spies yang harus beristirahat karena sakit di dada.

Pirro berhasil finis ke-11, 20 detik lebih lambat dari Hayden yang finis ketujuh, dan hanya tertinggal empat detik dari Dovizioso di posisi delapan.

“Dibandingkan dengan motor yang sekarang dipakai, versi baru ini memiliki rangka berbeda dan beberapa perubahan untuk meningkatkan tenaga, serta beberapa pengembangan di sisi elektronik,” ucap Bernhard Gobmeier, general manager Ducati Corse.

“Ini baru langkah pertama dalam program pengembangan kami, tapi sejauh ini apa yang kami lakukan berada di jalur yang benar. Kedua pembalap (Dovizioso dan Hayden) melakukan putaran dengan bagus, saat memasuki tikungan dan kecepatan menikung juga lebih baik,” tambahnya.

Pada sesi ujicoba kemarin, Dovizoso mencatat waktu tercepat ketujuh dengan satu menit 39,457 detik. Hayden menyusul di urutan delapan dengan satu menit 39,643 detik. Waktu tercepat dibukukan pembalap Honda, Marc Marquez yang berhasil finis kedua pada balapan hari Minggu (5/5).

“Menarik sekali bisa mencoba motor dengan rangka baru, yang seharusnya segera kami pakai untuk balapan, tapi saya masih belum tahu kapan tepatnya,” kata Dovizioso.

Hasil dari tiga seri yang sudah berjalan menempatkan Dovizioso di posisi tujuh klasemen sementara dengan 26 poin. Hayden yang tertinggal dua poin, berada di peringkat delapan.

1 komentar: