19 Apr 2013

Dual OS Windows XP dan Windows 7

Ragu dalam meng-upgrade OS komputer dari windows xp ke windows 7? Atau yang telah terinstall OS lebih baru (Windows Se7en) namun masih merindukan OS lama (Win XP)?. Kadang bisa menjadi dilema bagi kalangan produktif ketika harus menentukan salah satu antara OS Windows XP atau Windows Seven yang menjadi OS dalam komputer mereka. Seperti halnya saya yang sayang jika harus meninggalkan winxp hanya untuk sekedar mengeksplorasi keunggulan win7 sementara masih banyak pekerjaan menumpuk di lingkungan windows xp (cukup ribet jika migrasi ke salah satu OS karena bejibun data baik preset maupun kostumisasi lainnya dari asing-masing aplikasi).

Tenang, ada kok solusinya, yakni tinggal di install aja dua-duanya! Setuju? yup konsekuensinya ya memang di persiapan space harddisk yang memadai untuk OS windxp dan win7. Kalo setuju mari kita simak step by step cara membuat dual boot baik windows xp dan windows 7 ataupun sebaliknya wind 7 dan win xp sama-sama mudahnya kok.

Metode Dual Boot Pertama : WINXP + WIN7

Artinya sudah terlebih dahulu terinstall windows xp dan akan ditambahkan windows se7en kedalam satu komputer. Metode yang pertama ini lebih simpel mengingat tidak akan dijumpainya masalah berkaitan dengan Bootloader, karena meskipun bootloader winxp ditimpa oleh bootloader dari win7 namun tetap nantinya akan menampilkan dua opsi pilihan yakni Windows 7 atau Earlier Version of Windows (Windows XP). Pada umumnya Drive C: adalah singgasana WinXp dan fresh install Win7 ada di drive berikutnya yakni D: (16 GB free space minimum requeriment installing windows 7 32bit dan yang 64 bit 20 GB free space minimum requeriment). Install windows 7 sendiri bisa dari dalam OS windows XP melalui explorer, autorun cd/dvd maupun dari booting lewat CD/DVD rom ketika pertama kali booting dengan terlebih dahulu BIOS diset boot from CD sebagai orientasi pertama booting. Instalasinya pun seperti biasa. Ikutin aja kemana maunya CD/DVD win 7 installer. Sip dah pokoknya gut luck lah, eh misal krn sebab yg tidak jelas bootingnya tidak ada opsi pilih boot winxp atau win seven alias begitu direstart komputer telonyor ke win 7 jangan panik dulu, Kan ada Easy BCD untuk otak atik bootloader dengan sangat mudah.

Metode Dual Boot Kedua : WIN7 + WINXP

metode dual boot ala yang satu ini kebalikannya dari yang pertama, yakni komputer telah terinstall windows 7 dan ingin menyandinggkannya OS windows XP sebagai rekan dalam Dual Booting ini. Installnya tetep mudah kok, siapkan partisi kosong setelah C: dimana partisi C: telah di kuasai windows 7 sebelumnya, jadi siapkan drive D: yang akan di install Windows XP. Install seperti biasa namun diinstal di partisi yang berbeda dari win7. Install hingga bisa masuk windows xp pokoknya. Nah masalah yang timbul setelah menginstall winxp sebenarnya sepele yakni gak bisa bisa booting lagi ke OS sebelumnya yakni windows 7. Bagi yang gak ngerti tentunya merasa deg-degan "duh gimana ni?". Begini lho intinya kita perbaiki bootloader windows 7 yang telah ditimpa windows xp yang barusan di Install, caranya? pertama masuk ke mode "Repair Your Computer" dengan CD/DVD Installer Win 7 yang muncul saat booting dari CD/DVD Installer win7 dan ikuti aja hingga selesai. Selanjutnya tinggal edit deh bootloader yang rusak ketimpa windows xp dengan aplikasi yang namanya Easy BCD. Beres. mudah kan secara teori? lebih asyik lg kalo dipraktekkan lang bagi rekan-rekan yang ingin mencobanya. Oke? Selamat mencoba Dual Boot antara windows XP, Windows Seven atau sebaliknya...

Good luck.
Easy BCD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar